Pengembangan E-Modul Hidrokarbon Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing dan Prompting untuk Kelas XI SMA/MA.

Nisa, Khairun (2021) Pengembangan E-Modul Hidrokarbon Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing dan Prompting untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_KHAIRUN_NISA_15035056_2255_2021.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Saat ini kurikulum 2013 menerapkan tahapan saintifik dalam kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan potensi diri dengan mengasah pola pikir siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, metode dan media pembelajaran harus dipilih dengan cermat. Salah satu media yang dapat dikembangkan untuk memenuhi kriteria tersebut adalah e-modul. Penelitian ini akan menghasilkan e-modul berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing dan prompting untuk materi hidrokarbon. Pertanyaan probing dan prompting digunakan untuk membiasakan siswa dalam menjawab pertanyaan sehingga pengembangan pola pikir siswa dapat diptimalkan. Research & development (R & D) merupakan jenis penelitian yang digunakan dengan 4-D sebagai model pengembangannya. Tahapan 4-D meliputi: define, design , develop dan disseminate. Lembar validitas dan praktikalitas digunakan sebagai intrumen pengumpulan data. Validasi e-modul dilakukan oleh 5 orang validator, sedangkan praktikalitas e-modul dilakukan oleh 3 orang guru kimia dan 30 orang siswa SMAN 12 Padang. Pengolahan data penelitian menggunakan formula Kappa Cohen. Nilai validitas e-modul yang didapatkan sebesar 0,87 dan nilai praktikalitas oleh guru dan siswa sebesar 0,88 dan 0,83. Berdasarkan ketiga nilai tersebut, maka e-modul hidrokarbon berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing dan prompting dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:42
Last Modified: 13 Sep 2021 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33665

Actions (login required)

View Item View Item