Bentuk Penyajian Musik Gontong–Gontong pada acara pernikahan di Nagari Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan

Mosizi, Arrithem (2020) Bentuk Penyajian Musik Gontong–Gontong pada acara pernikahan di Nagari Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ARRITHEM_MOSIZI_16023058_3566_2020.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk penyajian Gontong-gontong pada acara pernikahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen utama dalam penelitan ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah pengumpulan data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gontong-Gontong merupakan suatu kesenian yang diakui oleh masyarakat dan dianggap sebagai elemen penting karena diwariskan oleh para leluhur terdahulu. Gontong-Gontong juga bersifat memberi hiburan kepada masyarakat, Walaupun Gontong-Gontong hanya sebagai media Arak-Arakan pada acara pernikahan. Bentuk penyajian Gontong-Gontong dilaksanakan dengan cara Arak-Arakan pada acara pernikahan. Gontong-Gontong merupakan media penyampaian pesan kepada masyarakat tentang adanya suatu penanda atau acara, penyajian Gontong-Gontong dapat ditemui pada acara pernikahan prosesi Manjalang Mintuo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:08
Last Modified: 10 Sep 2021 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33610

Actions (login required)

View Item View Item