Pengembangan Booklet Bernuansa ESQ tentang Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan sebagai Suplemen Bahan Ajar untuk Peserta Didik Kelas XI SMA.

Ikhtiarni, Fadhilah (2021) Pengembangan Booklet Bernuansa ESQ tentang Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan sebagai Suplemen Bahan Ajar untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_FADHILAH_IKHTIARNI_17031089_1805_2021.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Salah satu karakteristik Kurikulum 2013 dalam Permendikbud No. 35 Tahun 2018 adalah untuk mengembangkan keseimbangan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan peserta didik serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa sikap spiritual dan emosional peserta didik belum sepenuhnya terlihat di sekolah dan media pembelajaran Biologi yang digunakan oleh peserta didik belum memiliki nuansa ESQ untuk memberikan nilai spiritual emosional kepada peserta didik. Peserta didik menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan membosankan, tidak memberikan motivasi belajar, susah untuk dipahami dan memiliki tampilan yang tidak menarik sehingga masih diperlukan suplemen bahan ajar yang menarik untuk menjadi solusi permasalahan tersebut. Berdasarkan permasalahan yang dialami, maka dikembangkan booklet bernuansa ESQ sebagai suplemen bahan ajar untuk kelas XI SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate), namun tahap penyebaran tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan biaya dalam penyebaran produk secara komersial.Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.Booklet divalidasi oleh empat orang validator dan dilakukan uji praktikalitas kepada 30 orang peserta didik kelas XI IPA dan satu orang guru Biologi SMAN 1 Pulau Punjung. Nilai rata-rata validitas booklet sebesar 93,34% dengan kriteria sangat valid. Nilai rata-rata praktikalitas booklet sebesar 93,05% dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa booklet bernuansa ESQ yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai suplemen bahan ajar Biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:06
Last Modified: 09 Sep 2021 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33591

Actions (login required)

View Item View Item