Pengembangan E-modul Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP.

Fardanilla, Eka (2021) Pengembangan E-modul Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_EKA_FARDANILLA_1301371_107_2021.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran akan berlangsung secara efektif dan efisien jika dalam pembelajaran menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Kenyataannya, dalam proses pembelajaran di SMPN 3 Batusangkar peserta didik belum aktif untuk menggali pengetahuan secara mandiri, karena bahan ajar yang digunakan kurang menarik dan sulit dipahami oleh peseta didik. Oleh karena itu dikembangkan e-modul berbasisi pendidikan matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis pendidikan matematika realistik pada materi bilangan bulat kelas VII SMP yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah design research tipe development studies dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari analisis pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap penilaian. Penelitian dilaksanakan di SMPN 3 Batusangkar dengan subjek penelitian adalah peserta didik Kelas VII.2 dan VII.3. Jenis data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen validitas dan instrumen praktikalitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkane-modul berbasis PMR yang dikembangkan telah valid dan praktis. Berdasarkan validasi dan saran dari validator, e-modul berbasis PMR memenuhi kriteria valid dengan tingkat validitas 89,44% (sangat valid). Hasil dari respon peserta didik pada tahap one to one evaluation untuk menilai e-modul telah praktis dengan tingkat praktikalitas 92,42% (sangat praktis), sedangkan pada tahap small group evaluation tingkat praktikalitas 94,24% (sangat praktis). Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa e-modul berbasisi PMR pada materi bilangan bulat kelas VII yang dikembangkan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:05
Last Modified: 09 Sep 2021 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33578

Actions (login required)

View Item View Item