Pengembangan Structured Essay Diagnostic Test Of Chemistry (SEDToC) Pada Materi Ikatan Kimia Sebagai Instrumen Analisis Hasil Belajar Peserta Didik.

Rahayu, Dona Sofia (2021) Pengembangan Structured Essay Diagnostic Test Of Chemistry (SEDToC) Pada Materi Ikatan Kimia Sebagai Instrumen Analisis Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_DONA_SOFIA_RAHAYU_17035088_2751_2021.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik terhadap suatu materi akan berimbas pada kesulitan belajar pada materi yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry (SEDToC) yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi, materi penghambat dan analisis hasil belajar peserta didik pada materi ikatan kimia yang memenuhi kriteria yang baik dari segi validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Prosedur penelitianterdiri dari tiga tahap, yaitu tahap penentuan isi, tahap mendapatkan informasi tentang miskonsepsi yang dialami peserta didik dan tahap mengembangkan instrumen tes SEDToC. Instrument tes di validasi oleh 5 orang ahli kimia. Instrument tes diuji cobakan kepada peserta didik kelas X IPA 3 di SMAN 7 Padang sebanyak 18 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan instrument tes Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry (SEDToC) pada materi ikatan kimia untuk siswa SMA yang dikembangkan telah valid secara konten, memiliki reliabilitas yang sangat tinggi yaitu sebesar 0,98. Analisis indeks kesukaran instrument tes SEDToC diperoleh bahwa sebanyak 62 soal dengan kategori mudah, 22 soal dengan kategori sedang dan 7 soal dengan kategori sukar. Analisis dari segi daya beda soal didapatkan sebanyak8 soal dengan kategori jelek, 64 soal dengan kategori cukup, 10 soal dengan kategori baik dan 9 soal dengan kategori sangat baik .Berdasarkan hasil penelitian menggunakan instrumen tes Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry (SEDToC) pada materi ikatan kimia membuktikan bahwa instrument tes SEDToC dapat mengindentifikasi miskonsepsi, materi penghambat dan analisis hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:21
Last Modified: 09 Sep 2021 01:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33528

Actions (login required)

View Item View Item