Kontribusi Fasilitas Workshop Terhadap Hasil Belajar Menggunakan Peralatan Mesin Listrik Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Bangunan SMKN 2 Lubuk Basung

Pasaribu, Albert Septi (2021) Kontribusi Fasilitas Workshop Terhadap Hasil Belajar Menggunakan Peralatan Mesin Listrik Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Bangunan SMKN 2 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ALBERT_SEPTI_PASARIBU_1101894_4196_2019.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya Peralatan Mesin Listrik di SMKN 2 Lubuk Basung, hal ini di indikasikan oleh rendahnya hasil belajar. Diduga penyebabnya adalah kurang memadainya fasilitas yang tersedia di workshop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Kontribusi Fasilitas Workshop Terhadap Hasil Belajar Menggunakan Peralatan Mesin Listrik Jurusan Teknik Bangunan di SMKN 2 Lubuk Basung. Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Bangunan yang terdaftar di SMK Negeri 2 Lubuk Basung Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 orang. Teknik pengambilan sample adalah total sampling. Instrumen yang digunakan angket, dan data berupa hasil belajar Menggunakan Peralatan Mesin Listrik diperoleh dari inventaris sekolah. Instrumen telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Pengolahan data dengan menggunakan program SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, 1) Fasilitas workshop termasuk dalam kategori cukup baik yaitu 72,79%, 2) Hasil belajar mata pelajaran Menggunakan Peralatan Mesin Listrik termasuk dalam kategori cukup baik yaitu 74,17%, 3) fasilitas workshop memberikan kontribusi sebesar 40,30% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menggunakan Peralatan Mesin Listrk kelas XI Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Lubuk Basung sedangkan 59,70% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:34
Last Modified: 07 Sep 2021 04:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33484

Actions (login required)

View Item View Item