Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Pendingin dan Tata Udara SMK Negeri 3 Pariaman

Sulviana, Novi (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Pendingin dan Tata Udara SMK Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NOVI_SULVIANA_ 16065009_165_2021.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMKN 3 Pariaman ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) program keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Pariaman. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan bentuk Nonequivalet Control Group Design dimana kelompok eksperimen maupun kontrol tidak dipilih secara random melainkan dengan tujuan tertentu yaitu melihat kesetaraan antara kedua kelas, diambil kelas X TPTU A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PBL. Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 83,09 sedangkan kelas kontrol sebesar 78, 18 berdistribusi normal dan homogen. Hasil hipotesis pada taraf signifikan a = 0,05 diperoleh thitung = 1,979 dimana lebih besar daripada ttabeI = 1,717. Jadi hipotesis alternatif (Ha) diterima, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran DLE di SMKN 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:30
Last Modified: 07 Sep 2021 04:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33463

Actions (login required)

View Item View Item