Analisis Deskriptif Pemahaman Wajib Pajak Tentang Self Assessment System dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Payakumbuh.

Pratama, Yogi (2021) Analisis Deskriptif Pemahaman Wajib Pajak Tentang Self Assessment System dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_YOGI_PRATAMA_17233102_1406_2021.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman wajib pajak tentang Self Assessment System dan Kualitas Pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Payakumbuh. Penelitian ini dilaksanakan pada KPP Pratama Payakumbuh yang beralamat di Jalan Sudirman No. 184-A, Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai analisis pemahaman wajib pajak tentang Self Assessment System dan kualitas pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Payakumbuh. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui kusioner, data sekunder yaitu data realisasi penerimaan pajak, data rasio kepatuhan wajib pajak yang melapokan SPT Tahunan dan data jumlah wajib pajak terdaftar di KPP Pratama Payakumbuh. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh wajib pajak yang terdaftar pada KPP Pratama Payakumbuh yang berjumlah 10.441. Sehingga didapatkan sampel sebesar 100 responden. Tingkat pemahaman wajib pajak tentang Self Assessment System cukup baik yaitu dengan rata-rata 3,45% dan TCR 69%. Tingkat kualitas pelayanan KPP Pratama Payakumbuh dikategorikan baik dengan rata-rata 4,07% dan TCR 81,5% dan tingkat kepatuhan wajib pajak cukup baik dengan rata-rata 3,76% dan TCR sebesar 75,1%. Berdasarkan analisis tersebut tingkat pemahaman wajib pajak tentang Self Assessment System dan kualitas pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Payakumbuh sangat berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Semakin tinggi tingkat pemahaman wajib pajak tentang Self Assessment System dan kualitas pelayanan maka akan meningkatkan kepatuhan wajib pajak akan kewajiban perpajakannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perdagangan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:30
Last Modified: 07 Sep 2021 04:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33460

Actions (login required)

View Item View Item