Struktur dan Fungsi Sosial Nyanyian Rakyat Lullaby Lalok Lah Nak di Nagari Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Safitri, Rahmi (2021) Struktur dan Fungsi Sosial Nyanyian Rakyat Lullaby Lalok Lah Nak di Nagari Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RAHMI_SAFITRI_17017109_3269_2021.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang struktur dan fungsi sosial nyanyian rakyat (lullaby) Lalok Lah Nak di Nagari Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah teks nyanyian rakyat (lullaby) Laloklah Nak di Nagari Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Data didapat dari informan melalui teknik perekaman, pencatatan, pengamatan, dan wawancara langsung dengan informan. Kemudian data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan tahap sebagai berikut, (1) tahap identifikasi data, (2) tahap analisis data, (3) tahap pembahasan dan penyimpulan hasil klasifikasi data, dan (4) tahap pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasaan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa struktur teks nyanyian rakyat (lullaby) Lalok Lah Nak di Nagari Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan terdapat struktur fisik dan struktur batin. Struktur fisik terdiri atas (1) baris dengan jumlah keseluruhan 32 baris, (2) bait yang ditemukan sebanyak 8 bait, (3) bunyi yang terdapat pada teks nyanyian rakyat (lullaby) Lalok Lah Nak di Nagari Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selaan yang paling dominan adalah aliterasi, asonansi, kakafoni dan efoni, anafora dan epifora, struktur batin yang ditemukan dalam penelitian ini terdiri atas (1) pola asosiasi, (2) pola-pola citraan yaitu citraan penglihatan, citraan pendengaran, citraan rasaan, dan citraan gerak. Kemudian juga terdapat tema, yaitu kemanusiaan, cinta kasih ibu kepada anaknya. Fungsi sosial yang terdapat pada teks nyanyian rakyat (lullaby) Lalok Lah Nak di Nagari Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan ialah (1) sarana kreatif, (2) pembangkit semangat, dan (3) harapan dan doa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:48
Last Modified: 06 Sep 2021 01:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33364

Actions (login required)

View Item View Item