Pengaruh Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Underpricing Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) Di BEI (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar Di BEI Periode 2014-2018)

Ary, Syofian (2021) Pengaruh Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Underpricing Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) Di BEI (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar Di BEI Periode 2014-2018). Project Report. Fakultas Ekonomi UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ARY_SYOFIAN_16043077_2919_2021.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh reputasi underwriter, reputasi auditor, dan ukuran perusahaan terhadap tingkat underpricing. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kausatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan IPO yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, didapatkan 83 perusahaan IPO sebagai sampel penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia dan situs resmi perusahaan. Variabel underpricing diukur menggunakan nilai MAAR (market-adjusted abnormal return) perusahaan pada saat IPO. Variabel reputasi underwriter diukur menggunakan variabel dummy berdasarkan 20 most active IDX members in total value. Variabel reputasi auditor diukur menggunakan variabel dummy berdasarkan perusahaan IPO yang berpartner dengan The Big Four. Variabel ukuran perusahaan diukur menggunakan nilai toatal asset perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia dan situs resmi masing-masing perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi data panel yang diolah menggunakan aplikasi E-views 9. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi underwriter berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat underpricing, dan reputasi auditor dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:46
Last Modified: 31 Aug 2021 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33196

Actions (login required)

View Item View Item