Pengembangan LKPD Berbasis Model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan Multirepresentasi Terintegrasi Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Fisika Kelas XI Abad 21

Septiani, Tri (2021) Pengembangan LKPD Berbasis Model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan Multirepresentasi Terintegrasi Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Fisika Kelas XI Abad 21. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_TRI_SEPTIANI_18175038_1548_2021.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Pencapaian kompetensi peserta didik kelas XI dalam pembelajaran Fisika belum optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tersedia belum memuat langkah-langkah model dan pendekatan pembelajaran yang mengarah pada kegiatan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis model inquiry based learning dengan pendekatan multirepresentasi terintegrasi literasi saintifik untuk pembelajaran Fisika Kelas XI pada Abad 21 dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Plomp dengan tiga fase yaitu preliminary research, development or prototyping phase, and assessment phase. Instrumen penelitian meliputi angket studi pendahuluan, angket validitas, angket praktikalitas, lembar observasi sikap, tes tertulis, dan lembar penilaian keterampilan. Teknik analisis data untuk validitas menggunakan rumus Aiken’s V, dan praktikalitas serta efektivitas menggunakan deskriptif persentase. Hasil preliminary research menunjukkan perlunya pengembangan LKPD. Hasil development menunjukkan LKPD berada pada kriteria valid dengan nilai 0,81; sangat praktis berdasarkan respon peserta didik dan guru dengan nilai rata-rata masing-masing 95,87% dan 80,64%. Hasil assessment phase memperlihatkan pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik secara ketuntasan klasikal adalah 95,65% dan dengan nilai gain 0,80 yang berarti peningkatan pengetahuan peserta didik terkategori tinggi; pencapaian kompetensi sikap dan keterampilan adalah sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD menggunakan model inquiry based learning dengan pendekatan multirepresentasi terintegrasi literasi saintifik memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:47
Last Modified: 30 Aug 2021 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33175

Actions (login required)

View Item View Item