Pengembangan Instrumen Tes Two Tier Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Siswa SMA/ MA

Syahana, Syaza (2021) Pengembangan Instrumen Tes Two Tier Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Siswa SMA/ MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_SYAZA_SYAHANA_17035079_1898_2021.pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Kompetensi abad ke-21 menuntut siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. HOTS (Higher Order Thinking Skills) merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan suatu masalah untuk dapat berpikir secara analisis, kritis dan kreatif . Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam bentuk two tier yang valid dan realiabel pada materi sifat koligatif larutan. Jenis penelitin yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary research, prototyping stage dan assestment phase serta teknik analisis data pada validitas konten menggunakan metode CVR dan validitas konstruk menggunakan Aiken V yang divalidasi oleh 5 orang ahli yaitu 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia. Berdasarkan hasil penelitian nilai CVR dari validitas konten yang terdiri dari stimulus soal, pertanyaan soal (first tier), jawaban soal dan alasan soal (second tier) yaitu 1 dan validitas konstruk dari aspek materi, penyajian, bahasa dan aturan tambahan berurut-turut 95.17%, 94,11%, 98.67% dan 99.78%. Uji coba instrumen tes two tier pada tahap small group yang dilakukan terhadap 20 siswa memiliki tingkat realibilitas pada first tier 0.82 dan second tier 0.91. Data yang diperoleh dari instrumen tes two tier berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi sifat koligatif larutan untuk siswa SMA/ MA sudah valid dan memiliki realibiltas item soal yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:37
Last Modified: 30 Aug 2021 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33171

Actions (login required)

View Item View Item