Pelaksanaan Pramuka Wajib Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Di MAN 1 Padang

Nora, Desta Efita (2020) Pelaksanaan Pramuka Wajib Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Di MAN 1 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_DESTA_EFITA_NORA_1506_16058003_2020.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari ketertarikan peneliti dalam melihat rendahnya moralitas dikalangan pelajar Indonesia dan tingginya angka kejahatan dalam dunia pendidikan di Indonesia yang dilakukan oleh pelajar, sehingga mengharuskan Mendikbud menjadikan Ekstrakurikuler pramuka menjadi esktrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh peserta didik dari tingkat SD/MI hingga Tingkat Menengah Atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pramuka wajib dalam implementasi kurikulum 2013 dapat membentuk karakter peserta didik di MAN 1 Padang, mendeskripsikan pembentukan karakter pada peserta didik yang mengikuti pramuka wajib dan ekstrakurikuler pramuka. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Informan penelitian ini adalah MABIGUS, siswa yang mengikuti pramuka wajib dan ekstrakurikuler pramuka serta alumni pramuka MAN 1 Padang yang masih aktif ke sekolah.Data ini diperoleh melalui obseravsi, wawancara dan studi dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Analisis interaktif Miles dan Huberman yakni data reduction, data display, dan data verification. Penelitian ini menggunakan analisis teori struktural fungsional oleh Talcott Parson dengan konsep AGIL dan teori Character Building oleh Lickona, dimana dalam suatu sistem terdapat sub-sub sistem yang saling berhubungan hingga menciptakan suatu keseimbangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1 pembentukan karakter pada peserta didik yang mengikuti pramuka wajib diantaranya : a) religius, b) disiplin, c) bertanggung jawab, d) hormat, sopan dan santun, e) peduli lingkungan dan sosial. Hal ini dikarenakan adanya pembiasaan dan peniruan yang diberikan saat latihan serta kontrol oleh Pembina diluar hari latihan. Sedangakan karakter, mandiri, tegas, cekatan, dan berani, belum dapat dibentuk pada peserta didik yang mengikuti pramuka wajib. Hal ini dikarenakan karakter tersebut dapat dibentuk melalui pembiasaan dan peniruan yang dilakukan dikala kegiatan dilapangan, sedangkan untuk pramuka wajib lebih difokuskan ke pemahaman mengenai pramuka dikelas, sedikit melakukan kegiatan dilapangan. 2) pelaksanaan latihan pada setiap Sabtu pukul 14.30-16.30 digabungkan jadwal latihan anggota ekstrakurikuler pramuka, 3) metode pngajaran terhadap pramuka wajib tidak langsung diberikan oleh Pembina atau pelatih, tetapi melalui senior kelas XII dan alumni, 4) terdapat kendala dalam pelaksanaan pramuka wajib yaitu izin orang tua atau wali murid untuk kegiatan dilapangan terbuka dan tidka sesuai jam latihan dengan kapasitas peserta didik dan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:36
Last Modified: 30 Aug 2021 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33158

Actions (login required)

View Item View Item