Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Tentang Materi Protista Untuk Peserta Didik Kelas X SMA

Putri, Annisa Anike (2021) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Tentang Materi Protista Untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ANNISA _ANIKE_PUTRI_17031006_1855_2021.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Adanya wabah Corona Virus Disease 19 atau COVID-19 telah mengganggu aktivitas di berbagai bidang kehidupan termasuk pendidikan. Situasi pandemi menyebabkan peserta didik banyak belajar mandiri di rumah. Berkaitan dengan hal tersebut, guru harus mampu menyediakan media pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk bisa membangun pengetahuannya sendiri. Salah satu jenis media yang dapat digunakan guru untuk mengefektifan pencapaian tujuan pembelajaran adalah multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik tentang materi protista untuk peserta didik kelas X SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4-D yang sudah dimodifikasi menjadi 3D. Subjek penelitian ini adalah 32 orang peserta didik kelas X.IPA.2 dan X.IPA.5 SMAN 1 Ranah Pesisir, dua orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru biologi SMAN 1 Ranah Pesisir. Objek penelitian ini adalah multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik tentang materi protista untuk peserta didik kelas X SMA. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu angket validitas dan praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dalam bentuk deskriptif yang mendeskripsikan validitas dan praktikalitas multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik tentang materi protista. Hasil uji validitas, memiliki nilai rata-rata 86,88% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan nilai rata-rata uji praktikalitas 87,50% oleh guru dan 82,58% oleh peserta didik dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik tentang materi protista untuk peserta didik kelas X SMA yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:11
Last Modified: 26 Aug 2021 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33094

Actions (login required)

View Item View Item