Pengembangan Media Pembelajaran E-learning berbasis Edmodo tentang Materi Virus untuk Peserta Didik SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang.

Maryanto, Agus (2021) Pengembangan Media Pembelajaran E-learning berbasis Edmodo tentang Materi Virus untuk Peserta Didik SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AGUS_MARYANTO_17031002_1952_2021.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 berorientasi kepada peserta didik atau biasa disebut student center,proses pembelajaran ini dapa t diterapkan salah satunya dengan memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Salah satu contoh pemanfaatan TI dalam proses pembelajaran yang sering digunakan adalah pemanfaatane-learning.E-learning merupakan suatu system operasi yang menggunakan jaringan compute ratau internet dan sebagai media pembantu dalam pembelajaran. Salah satu media e-learning adalah Edmodo. Edmodo merupakan platform pembelajaran berbasis jejaring sosial yang diperuntukkan untuk guru, peserta didik sekaligus orangtua peserta didik. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Media Pembelajarane-learning berbasis edmodo tentang materi Virus untuk peserta didik kelas X SMA/MA yang valid danpraktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4-D yang dimodifikasimenjadi 3-D.Objekpenelitianiniadalah media pembelajarane-learning berbasis Edmodo tentang materi Virus untuk Peserta didik kelas X. Subjek uji coba penelitian ini satu orang guru biologi dan 30 orang peserta didik Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP sebagai praktikalitas penggunaane-learning serta divalidasi oleh dua orang Dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru biologi SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dalam bentuk deskriptif yang mendeskripsikan validasi dan praktikalitas e-learning yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa hasil validasi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 92.56 dengan kategori sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa e-learning berbasis edmodo dikembangkan sangat valid baik dari segi aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun aspek kegrafikaan. Hasil praktikalitas menunjukkan nilai rata-rata 85.73 untuk guru dengan kategori praktis dan 91.00 untuk peserta didik dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Aug 2021 08:14
Last Modified: 24 Aug 2021 08:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33067

Actions (login required)

View Item View Item