Studi Faktor Psikologis dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fisika di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Rejang Lebong

Aglesia, Ade Sonnie (2021) Studi Faktor Psikologis dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fisika di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Rejang Lebong. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ADE_SONNIE_AGLESIA_17033076_2355_2021.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran ditengah pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan sistem dalam jaringan. Fakta yang terjadi ketika pelaksanaan pembelajaran daring adalah hasil belajar fisika siswa masih berada dalam kategori rendah dan siswa mengalami kesulitan pada pembelajaran daring mata pelajaran fisika. Solusi dari permasalahan ini adalah melakukan studi faktor psikologis siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran fisika di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri Rejang Lebong. Jenispenelitian yang digunakanadalah penelitian deskriptif.Populasipenelitianiniadalahsiswa SMA NegeriRejangLebong yang terdaftarpada semester genaptahunpelajaran 2020-2021.Pengambilan sampelmenggunakanteknikpengambilansampelacakklusterterstratifikasi.Instrument dalam penelitian ini adalah angket yang berisi pernyataan-pernyataan mengenai faktor psikologis siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan analisis data yaitu metode statistik deskriptif yang di dalamnya akan dikemukakan cara-cara penyajian datadengan tabel dan distribusi frekuensi. Berdasarkananalisis data yang telahdilakukandapatdinyatakantigahasildaripenelitian.Pertama, hasil penelitian faktor minat siswa.Siswa terkadang menyukai pembelajaran daring mata pelajaran fisika. Keterlibatan siswa sekolah kategori tinggi kurang baik dibandingkan sekolah kategori sedang dan rendah. Ketertarikan dan perhatian siswa sekolah kategori tinggi berada dalam kategori baik dibandingkan dengan sekolah kategori sedang dan rendah.Kedua, hasil penelitian faktor motivasi siswa.Siswa pada semua kategori sekolah memiliki penghargaan yang baik serta hasrat dan keinginan berhasil yang baik. Dorongan dan kebutuhan belajar fisika sekolah kategori tinggi lebih besar dibandingkan dengan siswa sekolah kategori sedang dan rendah. Harapan dan cita-cita masa depan belajar fisika sekolah kategori sedang lebih besar dibandingkan dengan siswa sekolah kategori tinggi dan rendah. Kegiatan menarik dan lingkungan kondusif disemua kategori sekolah kurang baik. Ketiga, hasil penelitian sikap ilmiah siswa.Siswa pada sekolah kategori sedang dan rendah mempunyai rasa ingin tahu yang besar sedangkan sikap ingin tahu siswa pada sekolah tinggi menunjukkan hasil yang variatif.Sikap berfikir kritis siswa pada semua kategori sekolah menunjukkan hasil yang variatif. Sikap terbuka siswa dalam kategori baik. Siswa pada sekolah kategori rendah berada dalam kategori baik sedangkan ketekunan siswa pada sekolah tinggi dan sedang menunjukkan hasil yang variatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:06
Last Modified: 24 Aug 2021 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33043

Actions (login required)

View Item View Item