Kajian Karakteristik Pelaku Perjalanan Moda Transportasi Publik Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Padang (Studi Kasus : Koridor 1 Trans Padang)

Manik, Wiga Beswita (2019) Kajian Karakteristik Pelaku Perjalanan Moda Transportasi Publik Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Padang (Studi Kasus : Koridor 1 Trans Padang). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_06_WIGA_BESWITA_MANIK_4163_15136070_2019.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pelaku perjalan, karakteristik pergerakan pelaku perjalanan dan karakteristik pelayanan moda transportasi publik dengan studi kasusu koridor 1 Trans Padang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang bersifat eksploratif, teknik pengambilan sampel adalah teknik incidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Bus Rapid Transit (BRT) Trans Padang pada Koridor I (Pusat Kota-Lubuk Buaya) dengan jumlah sampel 270 responden yang diperoleh dari tabel penentuan jumlah sampel Isaac dan Michael dan dilaksanakan dalam satu hari pada tanggal Senin, 30 Juli 2019.. Alat pengumpulan data primer melalui observasi dan dokumentasi dan data sekunder dari Unit Pelaksana Teknis Trans Padang. Proses selanjutnya setelah pengumpulan data yaitu analisis data, adapun data yang dianalisis menggunakan analisis persentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Hasil Penelitian Sebagai Berikut : pelaku perjalanan menggunakan Trans Padang didominasi oleh : a)Kelompok usia 10-20 tahun(47%), b) jenis kelamin perempuan(77,8%), c) ukuran rumah tangga 3– 5orang(49,6%), d) jenis pekerjaan pelajar/mahasiswa(54,8%), e) total biaya perjalanan sehari >Rp.10.000(50%), f) golongan captive(58%), g) tidak memiliki SIM (59%). Pergerakan pelaku perjalan didominasi oleh: a) asal perjalanan pukul 06.30-07.30 dan pukul 12.30-13.30 adalah rumah(77%dan44%) dan untuk pukul 16.30-17.30 asal perjalanan dari sekolah/kampus(29%). b) tujuan perjalanan pukul 06.30-07.30 adalah sekolah/kampus (41%), siang dan sore hari menuju rumah(41%dan56%), c)cara pencapaian halte dengan menggunakan angkutan umum (40%). Pelayanan transportasi BRT Trans Padang berdasarkan faktor muat sebesar 77%, lama waktu tunggu 5-10 menit(86%), jarak pencapaian halte 0-100 meter (39%), sebagian besar tidak melakukan perpindahan rute atau moda(40%) dan waktu tempuh perjalan selama 10-30 menit(50%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Aug 2021 03:28
Last Modified: 20 Aug 2021 03:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33023

Actions (login required)

View Item View Item