Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ di SMKN 1 Painan

Darwin, Widya (2020) Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ di SMKN 1 Painan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_WIDYA_DARWIN_16138099_3067_2020.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah buku/sumber belajar yang disediakan kementrian sampai sekarang belum memadai disekolah, siswa kurang mandiri dan aktif dalam proses pembelajaran, guru dianggap satu- satunya sumber dalam proses belajar mengajar, pemilihan media pembelajaran yang kurang sesuai menyebabkan siswa cepat bosan dan tidak mendengarkan guru, siswa belum dihadapkan pada situasi yang lebih nyata dalam proses belajar mengajar dan belum tersedianya modul pada mata pelajaran dasar-dasar kelistrikan di SMK Negeri 1 Painan. Tujuan penelitian yaitu: 1) Mengembangkan modul pembelajaran Sistem Komputer untuk siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Painan, 2) Menghasilkan modul berbasis konstruktivisme untuk mata pelajaran Sistem Komputer yang valid, praktis dan efektif Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Modul pembelajaran Sistem Komputer berhasil dikembangkan melalui model pengembangan ADDIE, 2) Modul pembelajaran berbasis konstruktivisme yang dihasilkan sudah efektif diterapkan pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Painan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 10 Aug 2021 06:34
Last Modified: 10 Aug 2021 06:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32819

Actions (login required)

View Item View Item