Efektivitas Penerapan Pembayaran Tiket Elektronik Pada Bus Trans Padang di Kota Padang

Alphonso, Andri (2019) Efektivitas Penerapan Pembayaran Tiket Elektronik Pada Bus Trans Padang di Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_ANDRI_ALPHONSO_266_14042065_2019.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Peraturan Walikota Padang Nomor 52 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Tiket Elektronik Pada Angkutan Massal Trans Padang. Tiket elektronik ini akan digunakan sebagai alternatif baru dalam pembayaran tiket Trans Padang. Manfaat dari penggunaan tiket elektronik ini ialah kemudahan dalam pembayaran,keamanan,dan efesiensi waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pembayaran tiket elektronik Trans Padang,kendala,upaya yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Padang melalui UPT Trans Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan purpose sampling, yaitu pemilihan informan berdasarkan karakteristik tertentu sesuai dengan tujuan penelitian. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi,wawancara dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa pedoman wawancara,pedoman observasi dan cacatan dilapangan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Data analisis yang melalui tahap pengumpulan data ,reduksi data,pengujian data dan penarikan keimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembayaran tiket elektronik Trans Padang dapat dikatakan cukup efektif yang mengacu pada pengukuran efektifitas yang dikemukakan oleh Campbell yang meliputi keberhasilan program,keberhasilan sasaran, kepuasaan terhadap program,tingkat input dan output,pencapaian tujuan menyeluruh. Hal ini tekait dengan kendalakendala yang ditemukan dalam penerapan pembayaran tiket elektronik Trans Padang diantaranya mesin EDC (Electronic Data Capture) yang mati, pengisian ulang saldo yang harus dilakukan di Bank BRI dan kesadaran masyarakat yang kurang dalam menggunakan tiket elektronik Trans Padang. Adapun upaya dalam menangani kendala-kendala yang dilakukan oleh UPT Trans Padang adalah menambah mesin EDC dan melakukan perawatan rutin terhadap mesin EDC, dan melakukan sosialisasi secara berkala kepada masyarakat serta melakukan promopromo setiap hari besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 10 Aug 2021 05:22
Last Modified: 10 Aug 2021 05:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32794

Actions (login required)

View Item View Item