Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Minangkabau dalm RPP Sosiologi (Studi Kasus SMA Negeri 2 Padang dan SMA Adabiah Padang

Putri, Yuni Eka (2019) Integrasi Pendidikan Karakter Nilai Al-Qur’an dan Nilai Budaya Minangkabau dalm RPP Sosiologi (Studi Kasus SMA Negeri 2 Padang dan SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_YUNI_EKA_PUTRI_4563_15058107_2019.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi munculnya Inovasi baru dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat yang menerapkan Integrasi Pendidikan Karakter nilai Al-Qur‟an dan Nilai Budaya Minangkabau pada setiap Mata Pelajaran khususnya pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 2 Padang dan SMA Adabiah Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan dan melihat pelaksanaan dari integrasi pendidikan karakter nilai Al-Qur‟an dan Nilai Budaya Minangkabau pada mata pelajaran sosiologi. Hasil penelitian menunjukkan belum terlaksana dengan maksimal pengintegrasian tersebut, guru belum bisa maksimal dalam pelaksanaan integrasi pendidikan karakter nilai Al-Qur‟an dan nilai Budaya Minangkabau yang disebabkan kurangnya pemahaman guru dan kurangnya sosialisasi komunikasi antar pihak – pihak tertentu. Teori yang digunakan untuk menganalisis pelaksanaan integrasi pendidikan karakter nilai Al-Qur‟an dan nilai Budaya Minangkabau dalam pembelajaran sosiologi yaitu teori Difusi Inovasi dari Evverret Rogers, dimana Rogers mengungkapkan 4 elemen dari Difusi Inovasi yaitu (1) gagasan atau ide, (2) Saluran komunikasi, (3) Jangka waktu, dan (4) sistem sosial. Dari 4 elemen tersebut terdapat hambatan-hamabatan yang ditemukan, yaitu ide-ide yang dikeluarkan tidak sepenuhnya berjalan dan terlaksana dengan baik yang disebabkan karena kurangnya sosialisasi atau komunikasi antar pihak untuk pelaksanaan pengintegrasian tersebut, dan waktu yang terlalu dadakan tanpa persiapan dan pemahaman oleh para guru, dan sistem sosial seperti orangtua dan siswa yang belum dapat memahami proses pengintegrasian pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dikelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif serta teknik pemilihan informan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 10 orang. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam serta studi dokumentasi dengan teknik analisis data dari Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Aug 2021 04:45
Last Modified: 06 Aug 2021 04:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32776

Actions (login required)

View Item View Item