Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Model Examples Non Examples Kelas X Iis 5 Di Sma Negeri 16 Padang

Khoiriyah, Ummi (2019) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Model Examples Non Examples Kelas X Iis 5 Di Sma Negeri 16 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_UMMI_KHOIRIYAH_4557_15058064_2019.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa di SMA Negeri 16 Padang khususnya pada kelas X IIS 5. Berdasarkan hal tersebut upaya yang cocok untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan adanya rancangan pembelajaran yang tepat. Rancangan yang disebut yaitu penerapan model Examples Non Examples. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sosiologi siswa kelas X IIS 5. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan dan siklus kedua dilakukan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 16 Padang yang berjumlah 36 orang. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 16 Padang. Pada penelitian ini peneliti menetapkan batasan keberhasilan pemahaman kosep siswa pada kategori baik level tengah yaitu 70%. Hasil penelitian menujukan terdapatnya peningkatan pemahaman konsep sosiologi siswa dengan penerapan model Examples Non Examples. Secara keseluruhan indikator pemahaman konsep sosiologi siswa dari tahap pra tindakan sebesar 6,7% kesiklus I meningkat menjadi 52,25%. Kemudian dari siklus I kesiklus II juga mengalami peningkatan menjadi 71,19%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Aug 2021 04:45
Last Modified: 06 Aug 2021 04:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32767

Actions (login required)

View Item View Item