Representasi Kelas Sosial Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah Padang melalui Instagram

Wiradini, Rizky (2019) Representasi Kelas Sosial Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah Padang melalui Instagram. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_RIZKY_WIRADINI_2239_15058095_2019.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Kelas sosial biasanya dilihat pada kehidupan nyata, dengan ciri yang ditampakkan seperti kekayaan, pekerjaan dan pendidikan. Tidak hanya di kehidupan nyata tetapi juga di tampakkan dalam dunia maya yaitu instagram, seperti mobil dan fasilitas lainnya yang mewah, liburan ke luar negeri, punya rumah mewah. Kemudian style yang berkelas yaitu memakai brand-brand terkenal seperti Channel, Gucci, CK, LV, Ria Miranda, Adidas, Dian Pelangi dan brand-brand terkenal yang lainnya. Simbolsimbol inilah yang di tampakkan oleh mahasiswa FKG-Unbrah Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah yang untuk melihat bagaimana Representasi Kelas Sosial Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah Padang melalui Instagram. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori representasi yang dikemukakan oleh Moscovici. Ia menjelasakan fenomena yang, dalam bentuk-bentuk yang berbeda (peristiwa mental, pernyataan verbal, gambar, suara, dan lain-lain), memperlihatkan sebuah ciri simbolis yang menggantikan obyek itu sendiri, dan dimana obyek itu bisa berasal dari dunia materi, peristiwa, manusia, sosial, ide, dan imajiner. Asumsi dasar teoi ini merujuk pada dua proses besar pembentukan representasi sosial : obyektivasi (objectification) yang menjelaskan intervensi kelompok-kelompok sosial (norma, nilai, dan kode) yang ikut campur sebagai meta-sistem yang mengatur proses kognitif) serta kendala-kendala komunikasi dalam penyeleksian dan pengaturan unsur-unsur representasi di satu pihak dan pengakaran (anchoring) yang menjelaskan pengintegrasian informasi-informasi baru ke dalam sistem pengetahuan dan pemaknaan yang sudah ada, di lain pihak. Proses itu menjelaskan juga cara elemenelemen tersebut diperkenalkan kembali, sebagai instrumen operasional, dalam interpretasi terhadap situasi dunia dan dalam interaksi dengan orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus (case study). Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah informan 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian di lapangan representasi selalu dekat dengan simbol dan pemaknaan. Dalam hal ini, foto, video dan instastory menjadi simbol visual yang mengantarkan representasi dari kelas sosial yang ditampilkan di media sosial instagram. Kata Kunci : Representasi, Kelas sosial, Instagram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:50
Last Modified: 06 Aug 2021 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32755

Actions (login required)

View Item View Item