Perilaku Gaya Hidup Hedonisme Di Kalangan Mahasiswa Kurang Mampu Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Padang (UNP)

Hidayati, Rika (2019) Perilaku Gaya Hidup Hedonisme Di Kalangan Mahasiswa Kurang Mampu Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Padang (UNP). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_RIKA_HIDAYATI_4509_15058094_2019.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku gaya hidup hedonisme di kalangan mahasiswa kurang mampu FIS UNP. Latar belakang penelitian ini karena maraknya perilaku gaya hidup hedonisme di kalangan mahasiswa kurang mampu FIS UNP. Ini dibuktikan banyaknya mahasiswa yang berpenampilan yang tidak sesuai dengan realitas kehidupannya. Ini dibuktikan melalui perilaku mahasiswa yang sering menghabiskan watu hura-hura di luar ketimbang menjalankan tugasnya sebagai mahasiswa. Gaya hidup inilah yang dinamakan dengan gaya hidup hedonisme. Penelitian ini di analisis dengan menggunakan teori simulacra dari Jean Baudrillard. Baudrillard membahas tentang masyarakat yang hidup dalam dunia simulacra yaitu dunia yang dipenuhi citra atau penanda suatu peristiwa dan telah menggantikan pengalaman nyata. Masyarakat tidak sadar akan pengaruh simulasi dan tanda (signs/simulacra), hal ini membuat mereka sering kali berani dan ingin mencoba hal yang baru yang ditawarkan oleh keadaan simulasi membeli, memilih, bekerja dan macam sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipr deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen, untuk analisis data dilakukan dengan cara penyajian data, reduksi data dan verifikasi data. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian sendiri, panduan wawancara berupa butiran-butiran pertanyaan yang telah disiapkan, sedangkan untuk menu jang dokumentasi terkait dengan penelitian ini adalah alat pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu kamera, handphone, dan alat perekam yang berguna untuk merekam wawancara dengan informan sehingga bisa mempermudah dalam menyusun data, kemudian data ini diuji keabsahannya dengan teknik triangulasi sumber yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis data.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perilaku gaya hidup hedonism di kalangan mahasiswa kurang mampu FIS UNP menyatakan bahwa mereka menghabiskan waktu dengan hura-hura seperti yang ditunjukkan melalui kegiatan-kegiatan sehari-hari seperti: (1) shopping; (2) nongkrong di cafe; (3) nonton bioskop; (4) karaoke; (5) jalan-jalan/refreshing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:12
Last Modified: 04 Aug 2021 06:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32709

Actions (login required)

View Item View Item