Peningkatan Proses Pembelajaran Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Kelas IV SDN 14 Pesisir Selatan

Afalitna, Dwi Genny (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Kelas IV SDN 14 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06__DWI_GENNY_AFALITNA_17129315_1994_2021.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas Kelas IV SDN 14 Pesisir Selatan. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang cocok untuk dapat meningkatkan proses belajarpeserta didik. Hal ini mengakibatkan rendahnya proses belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model Think Pair Share untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas Kelas IV SDN 14 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru selaku praktisi, peneliti selaku observer, teman sejawat selaku observer dan peserta didik kelas IV SDN 14 Pesisir Selatan sebanyak 23 orang yang terdiri dari 8 orang peserta didik laki-laki dan 15 orang peserta didik perempuan. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan dari setiap tindakan, sumber data berasal dari proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Think Pair Share. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dantes. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 85% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I adalah 80% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Pada hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada siklus I, nilai rata-rata 80% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada tema 8 di kelas IV SDN 14 Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:17
Last Modified: 03 Aug 2021 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32654

Actions (login required)

View Item View Item