Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Kebijakan Hutang dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ-45 di BEI.

Khair, Abul (2018) Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Kebijakan Hutang dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ-45 di BEI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_01_ABUL_KHAIR_1303554_5039_2018.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Nilai perusahaan merupakan salah satu hal yang di perhitungkan oleh investor. Semakin baik nilai tersebut maka semakin diminati perusahaan tersebut. Perusahaaan yang paling diminati investor adalah perusahaan yang terdaftar pada indeks LQ-45. Perusahaan LQ-45 terdiri dari 45 perusahaan paling liquid sehingga banyak investor yang berminat untuk berinvestasi pada perusahaan-perusahaan tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Pada penelitian ini hanya terdapat 3 faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan yaitu (1) struktur kepemilikan (2) kebijakan hutang (3) kebijakan dividen. Dalam struktur kepemilikan memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan karena dalam struktur kepemilikan saham terdapat pengendali perusahaan dan juga pengawas. Pengendali perusahaan adalah kepemilikan manjerial dan pengawas adalah kepemilikan institusional. Keduanya akan menjaga nilai perusahaan agar tetap baik namun berbeda cara dalam mempertahankan nilai tersebut. Selanjutnya kebijakan hutang sebagai modal dalam perusahaan. semakin besar hutang memodali perusahaan maka pendanaan perusahaan akan membaik. Akan tetapi jika perusahaan menggunakan terlalu banyak hutang maka nilai perusahaan akan turun dan di ikuti kebangrutan. Terakhir kebijakan dividen sebagai hasil dari kegiatan perusahaan. semakin besar dividen yang dibagikan semakin tinggi minat investor dalam berinvestasi. Sehingga dividen dapat meningkatkan nilai perusahaan dari kepuasan investor pada perusahaan tersebut. Namun pada penelitian ini dapat dilihat bahwa nilai perusahaan cendrung menurun dan berakibat akan merugikan investor. Penelitian ini bertujuan mengetahui. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada indeks lq-45 di BEI tahun 2014-2016. Sampel penelitian ini ditentukan dengan sampel imbangan sehingga diperoleh sampel sebanyak 27 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t statistik dengan α sebesar 5% dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Kebijakan Dividen berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan yang terdaftar pada indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia, sedangkan variabel Kebijakan hutang berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahan yang terdaftar pada indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:45
Last Modified: 27 Jul 2021 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32509

Actions (login required)

View Item View Item