Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan oleh Pemustaka di Perpustakaan UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Dinas Pendidikan Kota Padang.

Fadillah, Fadillah (2020) Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan oleh Pemustaka di Perpustakaan UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Dinas Pendidikan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_FADILLAH_17026021_3959_2020.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) motivasi faktor internal dalam pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh pemustaka di Perpustakaan UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Dinas Pendidikan Kota Padang; (2)motivasi factor eksternal dalam pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh pemustaka di PerpustakaanUPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Dinas Pendidikan Kota Padang; (3) kendala dalam pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh pemustaka di Perpustakaan UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Dinas Pendidikan Kota Padang; (4) upaya dalam menghadapi kendala pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh pemustaka di Perpustakaan UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Dinas Pendidikan Kota Padang. Metode penelitian ini menggun akan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan penyebaran kuensioner dengan member pertanyaan sebanyak 27 pertanyaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu pegawai dan tenaga didik di UPTD Layanan Disabilitas dan pendidikan Inklusif Dinas Pendidikan Kota Padang.Sampel yang diambil sebanyak 20 responden.Teknik analisis data dilakukan dalam bentuk table dan dijelakan dalam uraian kalimat dengan menggunkan rumus yang frekuensi Persentase. Berdasarkan data yang diolah dapat disimpulkan pertama, motivasi faktor internal dalam pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh pemustaka di Perpustakaan UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Dinas Pendidikan Kota Padang yaitu kebanyakan pegawai dan tenaga didik memiliki tujuan berkunjung keperpustakaan untuk membaca, mencari koleksi untuk kegiatan instansi, dan memiliki motif untuk mencari koleksi yang berhubungan dengan anak disabilitas. Kedua, motivasi factor eksternal dalam pemanfaatan koleksi yaitu koleksi perpustakaan, keterampilan pustakawan dalam melayani, ketersediaan fasilitas temukembali informasi. Koleksi yang kurang lengkap, pustakawan yang belum memiliki kemampuan perpustakaan dan jarang berada diperpustakaan dikarenakan memiliki tugas lain sebagai analis tenaga didik serta masih banyak fasilitas perpustakaan yang kurang membuat pemanfaatan koleksi perpustakaan dari factor eksternal tidak efektif. Ketiga,kendala dalam pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh pemustaka di perpustakaan UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Dinas Pendidikan Kota Padang bias kita ketahui kendala dalam pemanfaatan koleksi perpustakaan adalah koleski perpustakaan yang masih minim, pustakawan yang belum memiliki kompetensi dalam mengelola perpustakaan serta fasilitas yang kurang lengkap dalam temu kembali informasi dan penataan tataruang. Keempat, upaya yang dapat dilakukan adalah menambah koleksi perpustakaan sesuai kebutuhan pegawai dan tenaga didik kegiatan lembaga dengan membuat pengadaan buku ke penerbit atau took buku. Pustakawan harus lebih sering mengikuti seminar dan pelatihan perpustakaan.Perpustakaan harus menambahan fasilitas dan memindahkan kembali ruang perpustakaan ke lantai utama sehingga koleksi bisa di manfaatkan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:45
Last Modified: 27 Jul 2021 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32490

Actions (login required)

View Item View Item