Perancangan Webcomic mengatasi kecanduan Game Online.

Nanda, Ricky Leon (2020) Perancangan Webcomic mengatasi kecanduan Game Online. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_RICKY_LEON_NANDA_15027065_3924_2020.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Sekarang ini, remaja di Indonesia sedang dilanda kebiasaan yang sering kita lihat dilingkungan sehari-hari, yakni bermain game online. Hal itu dapat terlihat dari kebiasaan bermain gadget setiap harinya.Selain itu perkembangan game online sekarang sedang pesat-pesatnya didunia, termasuk Indonesia. Tanpa disadari, remaja telah menghabiskan banyak waktu untuk mencoba, hingga akhirnya mengalami kecanduan Game Online. Game Online selain dapat menjadi aktivitas menyenangkan disaat waktu senggang, dapat berefek negative juga kepada pemain apabila dilakukan secara berlebihan. Bermain game online secara berlebihan dapat mengakibatkan masalah pada kesehatan, sosial, hingga aktivitas belajar. Salah satufaktorutamaadalahwaktubermain game online tersebut, remajadapatdikategorikansebagaipecanduapabilabermain game online lebihdari 3 jam sehari, atau 20 jam seminggu. Denganbermain game online secara berlebihan, tentu saja hal itu dapat mengganggu aktivitas belajar, aktivitas social hingga kesehatan remaja itu sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuatlah perancangan Webcomic “Level Up!. Media Webcomic dipilih sebagai media utama karena Webcomic dapat dengan mudah menjangkau generasi muda yang akrab dengan gadget, dengan begitu remaja dapat menerima informasi dan pesan yang disampaikanWebcomic dengan baik, efektif dan menyenangkan, serta Webcomic bias menjadi bacaan menarik dan langkah awal untuk mengurangi remaja dalam bermain game online secara berlebihan. Dalam perancangan Webcomic ini, penulis menggunakan metode 4D (Definisi, Design, Develop, Disseminate) dan5W1H(what, where, who, why, how). Penulis melakukan analisa terhadap Webcomic “Level Up!” yang belum pernah dibuat sebelumnya.Sebagai kajian dalam merancang Webcomic dan ditunjang dengan media pendukung berupa Aplikasi Flash, Poster, Baju Kaos, Sticker Line, Pin, Casing Handphone, Gantungan kunci dan Website Add Banner yang mampu mempromosikan Webcomic “Level Up!”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:44
Last Modified: 27 Jul 2021 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32485

Actions (login required)

View Item View Item