Pengembangan Media Berbasis Web pada Mata Pelajaran Jaringan dan Komputer Dasar di SMK Negeri 1 Lembah Melintang.

Fauzi, Fauzi (2020) Pengembangan Media Berbasis Web pada Mata Pelajaran Jaringan dan Komputer Dasar di SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_FAUZI_18138008_4302_2020.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis web yang valid, praktis, danefektif pada mata pelajaran computer dan jaringan dasar. Media pembelajaran berbasis web ini dirancang untuk meninggikan pemahaman siswa sehingga meninggikan hasil belajar. Metode pada penelitian ini menggunakan Research and Development (R and D) dengan prosedur pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan validitas, praktikalitas, dan efetivitas media pembelajaran berbasis web. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini: (1) validitas media pembelajaran berbasis web dinyatakan valid padavalidasi media sebesar 0,86>0,32 dan validasi materi sebesar 0,82 > 0,32. (2) Praktikalitas media pembelajaran berbasis web dari respon guru dengan nilai sebesar 87,6% dan respon siswa sebesar 84,33% dinyatakan sangat praktis. (3) Efektivitas media pembelajaran berbasis web dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai alat bantu pembelajaran pada mata pelajaran computer dan jaringan dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:38
Last Modified: 23 Jul 2021 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32446

Actions (login required)

View Item View Item