Pelatihan Menjahit Celana Santai dalam Pengembangan Potensi Ekonomi Masyarakat Daerah Wisata Bagi Ibu-ibu di Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia Kec. XI Koto Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Najmi, Najmi and Yefterson, Ridho Bayu (2018) Pelatihan Menjahit Celana Santai dalam Pengembangan Potensi Ekonomi Masyarakat Daerah Wisata Bagi Ibu-ibu di Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia Kec. XI Koto Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Project Report. Sejarah FIS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
LAPORAN_AKHIR_PELATIHAN_MENJAHIT_CELANA_SANTAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nagari Sungai Nyalo dipersiapkan sebagai nagari wisata di kawasan wisata terpadu Mandeh, Kecamatan XI Koto Tarusan. Saat ini wilayah Sungai Nyalo sudah mulai didatangi oleh turis lokal maupun internasional. Ternyata para pengunjung/wisatawan sangat memerlukan pakaian untuk bermain di laut terutama bagi pengunjung laki-laki. Bersadarkan analisis kebutuhan ini pengabdi ingin memberikan pelatihan menjahit dari bahan karung terigu untuk membuat celana santai untuk bermain di pantai. Dengan demikian pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan menjahit menggunakan bahan dari karung terigu bagi ibu-ibu di Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia. Kelompok sasaran dari pengabdian ini adalah ibu-ibu yang tergabung di dalam komunitas PKK kenagarian Sungai Nyalo. Keluaran yang diharapkan dari pengabdian ibu-ibu Sungai Nyalo mampu menjahit pakaian khususnya dalam bentuk celana santai atau celana bermain di laut. Hal ini akan menambah penghasilan keluarga dari ibu-ibu Sungai Nyalo. Capaian lain adalah dalam bentuk artikel ilmiah yang akan diterbitkan di jurnal lokal yang ber-ISSN di luar Universitas Negeri Padang. Di samping itu kegiatan ini akan diekspos melalui media Padang Ekspress. Luaran tambahan diharapkan dalam bentuk modul sederhana untuk ibu-ibu PKK Sungai Nyalo.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 19 Jul 2021 03:07
Last Modified: 19 Jul 2021 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32417

Actions (login required)

View Item View Item