Efektifitas Program Adiwiyata dalam Upaya Membangun Ekoliterasi Peserta Didik (Studi Kasus di MTsN I Pesisir Selatan).

Yusfiandrita, Yusfiandrita (2020) Efektifitas Program Adiwiyata dalam Upaya Membangun Ekoliterasi Peserta Didik (Studi Kasus di MTsN I Pesisir Selatan). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_YUSFIANDRITA_16168007_3956_2020.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Ekoliterasi merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan,yaitu masyarakat yang mempertimbangkanpentingnya perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup. Sejak dicanangkannya nota kesepakatan antara lembaga pendidikan dan Kementerian Lingkugan Hidup, dikembangkanlah program pendidikan lingkungan hidup melalui implementasi program adiwiyata disekolah, yang bertujuan untuk membangun ekoliterasi peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap dan perilaku ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pendidikan lingkungan hidup dengan kepedulian lingkungan peserta didik serta menganalisis efektifitas program adiwiyata, dalam upaya membangun ekoliterasi peserta didik di MTsN I Pesisir Selatan. Metode pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwarata-rata nilai skor pengetahuan, sikap dan perilaku peserta didik di sekolah adiwiyata, lebih baik dibandingkan sekolah non adiwiyata, masing-masing terdiri dari 17,9 poin (16,5%) dari aspek pengetahuan, 21,1 poin (17,6%) dari aspek sikap, 13,7 poin (14,4%) dari aspek perilaku dalam lingkungan sekolah dan 14,7 poin (15,02%) dari aspek perilaku di luar lingkungan sekolah. Kenaikan skor ini,sangat berpengaruh dalam meningkatkan ekoliterasi peserta didik.Perbedaan skor tertinggi terdapat pada aspek pengetahuan dan sikap,sedangkan perbedaan skor terendah terdapat pada aspek perilaku dalam lingkungan sekolah.Artinya, perilaku ramah lingkungan peserta didik dalam lingkungan sekolah lebih baik daripada di luar lingkungan sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Implementasi program adiwiyata terbukti efektif dalam membangun ekoliterasi peserta didik di MTsN I Pesisir selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jul 2021 02:35
Last Modified: 16 Jul 2021 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32396

Actions (login required)

View Item View Item