Dinamika Sosial dan Ekonomi Pekerja Tambang Emas Pasca Ditutupnya Tambang Emas Ilegal di Nagari Palangki Kabupaten Sijunjung

Norisa, Indah Triyana (2019) Dinamika Sosial dan Ekonomi Pekerja Tambang Emas Pasca Ditutupnya Tambang Emas Ilegal di Nagari Palangki Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_INDAH_TRIYANA_NORISA_4554_15058081.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Nagari Palangki merupakan salah satu bagian dari wilayah Kabupaten Sijunjung yang melakukan kegiatan pertambangan emas, tambang emas yang berada di Nagari Palangki memiliki potensi ekonomi yang akan berdampak terhadap kehidupan ekonomi masyarakat. Banyak tambang emas tersebut berdampak pada lingkungan. penambangan emas ini dilakukan di area persawahan dan perbukitan sekitar pemukiman warga, sehingga lahan pertanian berubah menjadi lahan pertambang. Operasi penambangan emas di Nagari Palangki ini tidak memiliki izin resmi sehingga dikenal dengan pertambangan tanpa izin (PETI). Tambang ini merupakan tambang emas ilegal (PETI) karena tidak sesuai dengan ketentuan perundangan tambang Nomor 24 Tahun 2009. Oleh sebab itu pekerja tambang emas kehilangan pekerjaan setelah tambang emas ditutup atau tidak beroperasi. Penelitian ini dianalis dengan teori perubahan yang dikemukakan oleh Selo Soemardjan, perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial, termasuk didalamnya nilai-nilai sikap-sikap dan pola prilaku diantara kelompok dalam masyarakat menurutnya, antara perubahan sosial dan perubahan kebudayaan memiliki satu aspek yang sama yaitu keduanya bersangkut paut dengan suatu penerimaan cara-cara baru atau suatu perbaikan cara masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah informan 11 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dokumentasi, serta validitas data dilakukan dengan triangulasi data. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis interpretatif dengan langkah-langkah hermeneutik data, menginterpretasikan data, interpretatif dipresentasikan. Dinamika sosial dan ekonomi terlihat ketika tambang emas masih ada pemilik modal dan pekerja tambang mengalami peningkatan sosial dan ekonomi, sosialnya seperti membuka lapangan pekerjaan, aktif dalam kegiatan sosial, solidaritas tinggi antar pemilik modal dan pekerja tambang dan dalam aspek ekonomi, meningkatnya ekonomi pemilik modal dan pekerja tambang, budaya konsumtif, terpenuhinya kebutuhan tersier. Setelah tambang emas ditutup/ tidak beroperasi berpengaruh kepada kehidupan sosial dan ekonomi pemilik modal dan pekerja tambang, ditutupnya tambang emas ilegal ini berdampak pada, pemilik modal individualis, pemutusan kerja, hubungan solidaritas menurun. Begitu pula hal nya dengan pekerja tambang terutama kehilangan lapangan kerja yang berakibat pengangguran, kehilangan modal usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jul 2021 06:01
Last Modified: 05 Jul 2021 06:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32280

Actions (login required)

View Item View Item