Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Pariaman

Septiani, Hanifa (2019) Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_HANIFA_SEPTIANI_4543_15058018_2019.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya disiplin belajar siswa kelas X SMAN 2 Pariaman. Hal ini disebabkan salah satunya oleh faktor intensitas penggunaan smartphone yang sering dilakukan oleh siswa. Intensitas merupakan suatu momentum yang dipengaruhi oleh waktu. Suatu momentum yang cenderung untuk diketahui dengan waktu tertentu. Intensitas dapat dilihat dengan mengetahui tingkatan frekuensi dan durasi yang nampak ketika siswa menggunakan smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan disiplin belajar siswa kelas X di SMAN 2 Pariaman. Manfaat penelitian ini adalah untuk bahan bagi semua pihak terkait intensitas penggunaan smartphone mempengaruhi disiplin belajar siswa tersebut. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Pariaman yang terdiri dari siswa kelas X IPA 1-5 dan kelas X IPS 1-5 yang berjumlah 354 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 orang. Data intensitas penggunaan smartphone dan data disiplin belajar diperoleh melalui penyebaran angket. Variabel penelitian terdiri dari dari variabel intensitas penggunaan smartphone (X) dan variabel disiplin belajar (Y). Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas X SMAN 2 Pariaman ditemukan bahwa 23,4% intensitas penggunaan smartphone mempunyai hubungan dengan disiplin belajar siswa. Hal ini menjelaskan bahwa siswa yang inensitas penggunaan smartphone lebih tinggi ada pengaruh terhadap disiplin belajar siswa sehingga peran sebagai siswa tidak berfungsi maksimal, dimana fokus siswa berkurang terhadap proses belajar karena intensitas penggunaan smartphone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jul 2021 06:00
Last Modified: 05 Jul 2021 06:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32269

Actions (login required)

View Item View Item