Relasi Sosial Mahasiswi dengan Supir Travel (Studi Kasus: Travel Kuamang Kuning Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Jambi- Padang )

Astuti, Eli (2019) Relasi Sosial Mahasiswi dengan Supir Travel (Studi Kasus: Travel Kuamang Kuning Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Jambi- Padang ). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_ELI_ASTUTI_2187_15058003_2019.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat dalam dunia remaja sekarang ini. Banyak remaja yang tertarik dengan pria beristri. Hal ini tentu karena adanya proses hubungan sosial yang berlebih atau tidak wajar yang dilakukan remaja tersebut dengan seorang laki-laki. Tujuan penelitian ini ada dua. Pertama, bertujuan untuk mengetahui relasi sosial mahasiswi dengan supir travel (Studi Kasus: Travel Kuamang Kuning Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo- Padang), dan kedua mengidentifikasi media yang digunakan mahasiswi dalam membangun relasi dengan supir travel. Penulis dalam penelitian ini menganalisis menggunakan teori interaksionisme simbolik yang dikemukakan oleh Herbert Blumer. Ia berpandangan bahwa manusia adalah individu yang berpikir, berperasaan, memberikan pengertian pada setiap keadaan, yang melahirkan reaksi dan interpretasi kepada setiap rangsangan yang dihadapi. Kejadian tersebut dilakukan melalui interpretasi simbol-simbol atau komunikasi bermakna yang dilakukan melalui gerak, bahasa, rasa simpati, empati, dan melahirkan tingkah laku lainnya yang menunjukan reaksi atau respon terhadap rangsangan-rangsangan yang datang kepada dirinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian yang digunakan adalah studi kasus karena peneliti ingin memperoleh informasi lebih jelas mengenai sebuah kasus sosial. teknik pemilihan informan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan mengunggunakan teknik analisis data data dari Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, relasi sosial yang terbentuk antara mahasiswi dengan supir travel ialah (1) relasi sebagai penumpang, (2) relasi pertemanan, (3) relasi kekeluargaan. Relasi tersebut saling berhubungan dan terus terjadi hingga saat sekarang. Hasil kedua, media yang digunakan dalam membangun sebuah hubungan atau relasi ialah melalui media pertemanan dan sosial media seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Jun 2021 04:29
Last Modified: 28 Jun 2021 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32179

Actions (login required)

View Item View Item