Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Padang

Vermana, Dilla Yulia (2019) Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_DILLA_YULIA_VERMANA_4482_15058002_2019.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Padang yang dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa untuk bekerjasama dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa dalam mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IPS SMAN 6 Padang. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi guru mata pelajaran Sosiologi terutama di SMAN 6 Padang dalam meningkatkan kemampuan kerjasama siswa sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model Group Investigation yang dilakukan dalam dua siklus selama empat kali pertemuan. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 6 Padang, semester Juli – Desember 2019 yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian tentang kemampuan kerjasama siswa dalam proses pembelajaran Sosiologi diolah menggunakan rumus persentase P=(F/N)X100%. Persentase peningkatan kemampuan kerjasama siswa pada siklus I 43% dan siklus II naik menjadi 74%, berarti terjadi peningkatan kemampuan kerjasama siswa dengan menggunakan model Group Investigation dari siklus I ke siklus II sebesar 31%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa di Kelas XI IPS di SMAN 6 Padang karena siswa sudah mampu untuk bekerjasama dalam kelompok diskusi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:15
Last Modified: 21 Jun 2021 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32094

Actions (login required)

View Item View Item