Pengembangan Lembaran Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran PPKn untuk Siswa SMP N 32 Padang

Kafillah, Fahmi (2019) Pengembangan Lembaran Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran PPKn untuk Siswa SMP N 32 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_FAHMI_KAFILLAH_2493_15052007_2019.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran PPKn yang bersifat teoritis membuat guru harus mampu menggunakan media dan model pembelajaran yang bervariasi agar siswa tidak merasa bosan ketika belajar PPKn. Bahan ajar serta buku literasi belum mampu meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn terutama untuk Siswa kelas VII. Siswa kelas VII sangat membutuhkan bimbingan guru dalam melaksanakan proses belajar. Maka dibentuklah Lembaran kerja Perserta Didik (LKPD) yang efektif dan efisien sesuai dengan kurikulum 2013. Oleh karena itu, Peneliti menggunakan pendekatan inkuri terbimbing. Pendekatan inkuiri terbimbing ini menjadikan siswa lebih berfikir ilmiah layaknya seorang ilmuan tetapi pemikiranya diarahkan oleh guru. Tujuanya peneliti yakni dapat menghasilkan Lembaran kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada matapelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk siswa SMPN 32 Padang. Penelitian ini menggunakan tahapan ADDIE (Analisis, Design, Devolopmen, Implementation and Evaluation). Akan tetapi peneliti hanya menggunakan 3 tahapan saja dalam model ADDIE yaitu analisis (menentukan masalah dan mencari solusi), design (perancangan LKPD), devolopmen (Pengembangan). Subjek penelitian ini terdiri dari 2 validator satu orang dosen PPKn dan satu orang dari guru bidang studi PPKn. Sementara subjek uji praktikalitas terdiri dari 30 orang siswa kels VII.1 SMPN 32 Padang.Data penelitian yakni data primer dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan yakni telah dihasilkanya Lembaran Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran PPKn untuk Siswa SMPN 32 Padang. Dari hasil uji validitas oleh Tim validator maka dihasilkanlah LKPD yang valid dari berbagai aspek mulai dari kelayakan isi, kegrafikan, keabsahan dan penyajian. Sementara dari hasil uji angket pratikalitas oleh siswa maka di hasilkanlah LKPD yang praktis dari berbagai aspek. Maka dapat di simpulkan Bahwa LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada mata pelajaran PPKn bersifat valid dan praktis baik digunakan oleh siswa maupun guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:23
Last Modified: 11 Jun 2021 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31871

Actions (login required)

View Item View Item