Pemanfaatan YouTube Sebagai Sumber Belajar Rumpun Politik Kewarganegaraan (Studi Terhadap Mahasiswa Jurusan Ilmu Sosial Politik FIS UNP Tahun Masuk 2016 Dan 2017)

Setiadi, Erik Fahron (2019) Pemanfaatan YouTube Sebagai Sumber Belajar Rumpun Politik Kewarganegaraan (Studi Terhadap Mahasiswa Jurusan Ilmu Sosial Politik FIS UNP Tahun Masuk 2016 Dan 2017). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_ERIK_FAHRON_SETIADI_2781_1306078_2019.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media YouTube sebagai salah satu sumber belajar mahasiswa pada matakuliah rumpun politik kewarganegaraan ditinjau dari aspek penggunaan, tindak lanjut yang dilakukan, manfaat yang diperoleh, serta kendala apa saja yang dialami oleh mahasiswa Jurusan Ilmu Sosial Politik dalam menggunakan media YouTube sebagai sumber belajar. Lokasi penelitian ini berada di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang dan lingkungan sekitar tempat tinggal mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan metode Survey. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Ilmu Sosial Politik tahun masuk 2016-2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan “Proportional Random Sampling”. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan tersebut dianalisis dengan analisis deskriptif dengan hitungan persentase. Kemudian setelah dilakukan analisis deskriptif dikonfirmasikan kembali kepada responden dengan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa jumlah mahasiswa yang menggunakan YouTube sebagai sumber belajar rumpun politik kewarganegaraan rendah yaitu 22,95%. penelitian juga mengungkapkan bahwa tindak lanjut dari mahasiswa yang menggunakan YouTube sebagai sumber belajar rumpun politik dalam taraf cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:23
Last Modified: 11 Jun 2021 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31870

Actions (login required)

View Item View Item