Impelementasi Penilaian Hasil Belajar pada Mata Pelajaran. Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Darti, Melli (2021) Impelementasi Penilaian Hasil Belajar pada Mata Pelajaran. Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_MELLI_DARTI_1201715_1195_2021.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Sedangkan penilaian adalah proses pengumpulan berbagai data yang bisa memberikan gambaran perkembangan belajar peserta didik. Permasalahan yang terjadi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP adalah kurangnya pemahaman guru sejarah tentang penilaian hasil belajar dalam kurikulum 2013. Permasalahan lain adalah guru mengalami kesulitan mengelola waktu dalam melaksanakan proses penilaian hasil belajar kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif bisa dilakukan dengan cara mengamati langsung gejala sosial yang diteliti, sehingga penulis dapat menggambarkan situasi sebenarnya guna mendukung dan memperkuat data kualitatif yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Berkaitan dengan penelitian yang dilakukan oleh penulis di SMA Pembangunan Laboratorium UNP, penulis ingin mengetahui bagaimana Impelementasi penilaian hasil belajar pada mata pelajaran sejarah berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Pembangunan laboratorium UNP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata pelajaran sejarah belum maksimal melaksanakan penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Dalam hal ini terbukti dengan banyaknya penilaian yang belum terlaksana oleh guru mata pelajaran sejarah yang terlihat dari hasil studi dokumentasi RPP, observasi dan wawancara yang dilakukan. Kendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran sejarah dalam melaksanakan penilaian hasil belajar adalah : beberapa orang guru mata pelajaran sejarah belum memahami tentang penilaian dalam kurikulum 2013 sehingga masih terbiasa dengan penilaian sebelumnya, penilaian dalam kurikulum 2013 terlalu rumit, guru sulit membagi waktu karena penilaian yang harus diisi sangat banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 May 2021 03:20
Last Modified: 20 May 2021 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31483

Actions (login required)

View Item View Item