Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint iSpring Terintegrasi Multipel Representasi Kimia pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA

Puspita, Yani (2020) Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint iSpring Terintegrasi Multipel Representasi Kimia pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_YANI_PUSPITA_16035134_1594_2020.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Tuntutan perkembangan pendidikan di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media dalam pembelajaran untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint iSpring terintegrasi multipel representasi kimia pada materi laju reaksi kelas XI SMA/MA, yang dapat membuat siswa lebih memahami konsep kimia pada tingkat makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Dissiminate (tahap dissiminate tidak dilakukan). Media pembelajaran PowerPoint iSpring terintegrasi multipel representasi kimia pada materi laju reaksi divalidasi oleh 5 orang validator terdiri dari 2 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 3 orang guru kimia SMA N 8 Padang dengan menggunakan instrumen berupa lembar validasi. Uji praktikalitas dilakukan oleh 3 orang guru kimia dan 5 orang siswa kelas XI IPA dengan menggunakan instrumen berupa angket. Hasil analisis lembaran validitas, pratikalitas guru, dan pratikalitas siswa menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) berturut-turut yaitu 0,87; 0,91; 0,89. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint iSpring terintegrasi multipel representasi kimia pada materi laju reaksi sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 May 2021 03:19
Last Modified: 10 May 2021 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31440

Actions (login required)

View Item View Item