Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik

Taufik, Wirda (2020) Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_WIRDA_TAUFIK_16031071_2509_2020.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara peneliti yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih bersifat teacher center (berpusat pada guru), rendahnya minat belajar peserta didik, kurangnya sikap kerja sama saat berdiskusi, dan adanya persepsi peserta didik yang mengkategorikan biologi sebagai mata pelajaran yang sulit. Permasalahan ini mengakibatkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran menjadi rendah. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini yakni dengan menerapkan model pembeajaran. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan sikap kerja sama adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif yang dipilih oleh peneliti yakni model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini diharapkan mampu untuk mengatasi permasalahan yang sudah peneliti paparkan di atas karena pada prinsipnya model ini menggabungkan proses pembelajaran dengan permainan, sehingga peserta didik akan merasa semangat dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan mengkaji beberapa artikel-artikel ilmiah. Prosedur dalam penelitian ini yakni menelusuri artikel-artikel yang terdapat pada jurnal online melalui internet yang berhubungan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, mengumpulkan artikel artikel yang berkaitan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, melakukan review terhadap artikel-artikel yang digunakan, dan menarik kesimpulan dari review artikel yang sudah dilaksanakan terkait pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kompetensi belajar. Hasil review literature yang telah dilaksanakan diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match memberikan pengaruh yang positif terhadap kompetensi belajar peserta didik. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini mampu meningkatkan hasil belajar kognitif (pengetahuan) peserta didik. Dampak lainnya dari penerapan model ini peserta didik menjadi aktif, disiplin, tanggung jawab, dan memiliki sikap kerja sama yang baik. Dampak lainnya juga dapat kita lihat pada aspek keterampilan yang juga menjadi lebih baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 May 2021 06:43
Last Modified: 07 May 2021 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31436

Actions (login required)

View Item View Item