Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Padang

Latifah, Latifah (2021) Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_LATIFAH_16016075_4175_2021.pdf

Download (788kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Kedua, mendeskripsikan kebahasaan teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah data berupa struktur dan kebahasaan teks prosedur siswa. Sumber data penelitian ini adalah teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui studi dokumentasi hasil tugas siswa yang berjumlah 30 teks. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi (cross-chek). Data dianalisis dengan cara mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, struktur teks prosedur. Struktur teks terdiri dari judul, tujuan, bahan dan alat, langkah-langkah, dan penutup. Dari 30 data penelitian semua teks prosedur memiliki judul. Selanjutnya, tujuan. Tujuan yang ditulis siswa secara umum cukup baik dalam menggunakan tujuan dalam membuat teks prosedur. Hal tersebut terbukti dari semua teks prosedur yang telah dianalisis ada 29 teks yang memiliki tujuan. Selanjutnya bahan dan alat, serta langkah-langkah. semua teks prosedur karya siswa memiliki bahan dan alat, serta langkah-langkah. Terakhir bagian penutup. Siswa cukup baik dalam menuliskan penutup teks prosedur. Hal ini terbukti dari seluruh teks prosedur yang dianalisis 25 teks yang memiliki penutup. Kedua, dilihat dari segi kebahasaan. Kebahasaan yang dianalisis ada tiga yaitu konjungs i, Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), dan diksi. Dari semua data penelitian ditemukan 273 jumlah konjungsi. Selanjutnya, Dari semua data penelitian kesalahan ejaan yang cukup banyak terdapat dalam tulisan teks prosedur siswa adalah kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca titik (.), dan tanda baca koma (,). Dari 30 data penelitian ditemukan 3782 jumlah diksi. Jadi, dapat disimpulkan struktur dalam teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang secara keseluruhan sudah cukup baik, dan dari kebahasahaan yang digunakan siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang cenderung menggunakan konjungsi, EBI, dan diksi yang cukup tepat dalam pembuatan teks prosedur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 May 2021 03:02
Last Modified: 04 May 2021 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31388

Actions (login required)

View Item View Item