Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika Idustri Di SMK N 1 Sumbar

Halim, Muhammad (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika Idustri Di SMK N 1 Sumbar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_MUHAMMAD_HALIM_1206227_1193_2021.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan sejauh mana pengaruh hasil belajar mata pelajaran Dasar pemrograman menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw pada siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industridi SMK N 1 Sumbar 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel penelitian siswa kelas semester ganjil. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw yaitu kelas X TEI 1dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran problem based leraning yaitu kelas X TEI 2. Data diambil dari tes hasil belajar.Dari hasil tes di dapat nilai rata-rata siswa Kelas experiment yaitu 85,94 sementara siswa yang menggunakan Kelas Kontrol lebih rendah yaitu 76,44 dengan persentase perbedaan sebesar 12,43%. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan bahwa thitung> ttabel yaitu 5,523 > 2,032. Hasil pengujian ini memberikan interpretasi bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti rata-rata siswa experimen lebih besar dari pada rata-rata siswa kelas control

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 May 2021 03:02
Last Modified: 04 May 2021 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31379

Actions (login required)

View Item View Item