Halim, Muhammad (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika Idustri Di SMK N 1 Sumbar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
5_A_MUHAMMAD_HALIM_1206227_1193_2021.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan sejauh mana pengaruh hasil belajar mata pelajaran Dasar pemrograman menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw pada siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industridi SMK N 1 Sumbar 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel penelitian siswa kelas semester ganjil. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw yaitu kelas X TEI 1dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran problem based leraning yaitu kelas X TEI 2. Data diambil dari tes hasil belajar.Dari hasil tes di dapat nilai rata-rata siswa Kelas experiment yaitu 85,94 sementara siswa yang menggunakan Kelas Kontrol lebih rendah yaitu 76,44 dengan persentase perbedaan sebesar 12,43%. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan bahwa thitung> ttabel yaitu 5,523 > 2,032. Hasil pengujian ini memberikan interpretasi bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti rata-rata siswa experimen lebih besar dari pada rata-rata siswa kelas control
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1 |
Depositing User: | Mrs. Dina Aulia Sari |
Date Deposited: | 04 May 2021 03:02 |
Last Modified: | 04 May 2021 03:02 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31379 |
Actions (login required)
View Item |