Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA/MA

Febriani, Sari Safitri (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_SARI_SAFITRI_FEBRIANI_15035116_2384_2020.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif powerpoint berbasis inkuiri terbimbing pada materi ikatan kimia dan mengungkapkan kevalidatas dan kepraktikalitasnya sebagai media pembelajaran kimia. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4- D yaitu tahap pendefinisian (define, design, develop dan disseminate). Tahap yang dilakukan hanya sampai tahap develop. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan momen kappa (k). Media pembelajaran yang dikembangkan dinilai oleh 4 orang validator yang terdiri dari 2 orang guru kimia dan 2 orang dosen kimia dan 36 siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gunung Talang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mempunyai kategori kevalidan yang tinggi dengan momen kappa sebesar 0,803 dan kepraktisan media pembelajaran berdasarkan angket praktikalitas respon guru sebesar 0,874 dengan kategori sangat tinggi serta kepraktisan media pembelajaran berdasarkan angket praktikalitas respon peserta didik sebesar 0,898 dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 May 2021 03:01
Last Modified: 04 May 2021 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31370

Actions (login required)

View Item View Item