Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Tentang Materi Sistem Reproduksi untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Yuliasari, Sara (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Tentang Materi Sistem Reproduksi untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SARA_YULIASARI_16031077_2330_2020.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 sangat menekankan sistem pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yaitu dengan membiasakan peserta didik mengerjakan soal-soal kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi Sistem Reproduksi untuk peserta didik kelas XI SMA/MA yang valid secara logis dan empiris, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda baik dan kualitas option yang baik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D models yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru biologi SMAN 2 Bukittinggi, 2 orang dosen biologi FMIPA UNP dan 35 orang peserta didik kelas XII MIPA 3 SMAN 2 Bukittinggi. Instrumen pengumpulan data berupa angket validitas yang diisi oleh 2 orang guru biologi dan 2 orang dosen biologi UNP. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi ANATES 4.09. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan nilai rata-rata validitas logis sebesar 89,85% dengan kategori valid, validitas empris dari 50 soal yang diujikan didapatkan 38 soal yang valid, nilai reliabilitas dengan persentase 0,91 , tingkat kesukaran sedang, daya pembeda baik dan kualitas option yang baik. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi sistem reproduksi untuk peserta didik kelas XI SMA/MA yang valid secara logis dan empiris, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda baik dan kualitas option yang baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 May 2021 03:01
Last Modified: 04 May 2021 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31364

Actions (login required)

View Item View Item