Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Berupa Argument Mapping Sebelum Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMPN 7 Padang

Nasution, Rizki Khairani (2020) Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Berupa Argument Mapping Sebelum Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMPN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RIZKI_KHAIRANI_NASUTION_16031026_2500_2020.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah suatu proses untuk memahami konsep, kemudian menerapkan, lalu mensintesis maupun mengolah informasi yang diperoleh. Kemampuan tersebut mengacu pada kemampuan menganalisis, mengevaluasi, serta memecahkan masalah. Kemampuan berpikir kritis ini sangat penting dimiliki oleh peserta didik untuk menghadapi abad ke-21. Berdasarkan hasil observasi melalui angket yang dilakukan peneliti di SMPN 7 Padang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik tergolong rendah. Angket tersebut juga memberikan informasi bahwa sebanyak 86% guru masih menggunakan metode ceramah. Kebanyakan dari guru IPA di SMPN 7 Padang masih menggunakan model pembelajaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas berupa Argument Mapping sebelum penerapan model Problem Based Learningterhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode penelitianQuasi Exsperiment dan desain penelitianNonequivalent Post Test Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas berdasarkan karakteristik tertentu. Sehingggadidapatkan Kelas VII5sebagai kelas eksperimen menggunakan model problem based learningdan Kelas VII8sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Penilaian yang dilakukan yaitu pada kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan tes tertulis berupa pilihan ganda beserta tugas rumah berupa argument mapping. Dari hasil penelitian, diperoleh kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen mempunyai rata-rata 78,5 dengan kriteria kritis, dan seterusnya pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 63 dengan kriteria cukup kritis. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji t, diperoleh hasil bahwa nilai thitung > ttabel yaitu4,40 > 1,67 yang menunjukkan hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemberian tugas rumah membuat Argument Mapping sebelum penerapan model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap kemampuanberpikir kritis peserta didik kelas VII SMPN 7 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 May 2021 02:50
Last Modified: 03 May 2021 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31359

Actions (login required)

View Item View Item