Pengaruh E-Book Pengayaan Fisika Tema Gerak Disertai Tugas Berita dan Fakta Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMAN 2 Padang

Artiwi, Riolin Putri (2020) Pengaruh E-Book Pengayaan Fisika Tema Gerak Disertai Tugas Berita dan Fakta Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMAN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RIOLIN_PUTRI_ARTIWI_15033066_1648_2020.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika masih belum sesuai harapan. Penyebabnya ada beberapa faktor terbatasnya buku referensi sebagai sumber belajar yang menunjang pengetahuan dan wawasan siswa diluar dari pengetahuan yang diajarkan di sekolah. Buku pengayaan memuat fakta-fakta tentang pembelajaran yang membantu siswa lebih paham dengan pembelajaran. Terbatasnya ketersediaan buku elektronik (E-Book) sebagai pemanfaatan teknologi dalam ilmu pengetahuan untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penggunaan E-Book Pengayaan Fisika Tema Gerak disertai tugas berita dan fakta kepada siswa diharapkan dapan menunjang siswa mendapatkan referensi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penggunaan E-Book Pengayaan Fisika Tema Gerak terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Padang. Jenis penelitian yang diterapkan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen research) dengan skema penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penarikan sampel untuk penelitian dilakukan dengan memadukan teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 72 siswa dari kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari lembar penilaian sikap, lembar posttest berupa tes tertulis berbentuk soal objektif dan lembar penilaian unjuk keterampilan berpikir. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa yang berarti dari penggunaan E-Book Pengayaan Fisika Tema Gerak dan terdapat hubungan yang signifikan penggunaan E-Book Pengayaan Fisika Tema Gerak terhadap hasil belajar siswa untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan pada taraf nyata 0,05. Analisis data menunjukkan bahwa untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan nilai th berada pada daerah penolakan H0 yang berarti hasil belajar siswa mengalami perbedaan yang berarti untuk kedua kompetensi tersebut. Dengan demikian, penggunaan E-Book Pengayaan Fisika Tema Gerak disertai tugas berita dan fakta berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa SMA Negeri 2 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Apr 2021 08:00
Last Modified: 30 Apr 2021 08:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31346

Actions (login required)

View Item View Item