Analisis Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau dari Persepsinya Terhadap Pembelajaran Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak di Kelas X Sma di Kota Padang

Yanto, Heri (2021) Analisis Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau dari Persepsinya Terhadap Pembelajaran Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak di Kelas X Sma di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_HERI_YANTO_14033031_185_2020.pdf

Download (848kB) | Preview

Abstract

Hasil analisis terhadap data dokumentasi hasil belajar fisika siswa kelas X di kota Padang, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton tentang gerak menempati nilai terendah dibandingkan materi lainnya. Artinya, siswa mendapatkan kesulitan dalam memahami materi hukum Newton tentang gerak. Penelitian ini bertujuan untuk a) mengetahui kecendrungan persepsi siswa terhadap pembelajaran fisika pada materi hukum Newton tentang gerak, b) mengetahui kualitas hasil belajar siswa pada materi hukum Newton tentang gerak, c) kontribusi persepsi siswa tentang pembelajaran fisika pada materi hukum Newton tentang gerak dan faktor kesulitan dalam mempelajarinya terhadap hasil belajar siswa pada semester Januari-Juni 2019, serta d) mengungkapkan berbagai permasalahan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran fisika pada materi hukum Newton tentang gerak ditinjau dari persepsinya. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif korelasional. Penarikan sampel penelitian menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Jumlah sampel yang diperoleh adalah 60 orang siswa yang mewakili siswa dengan nilai tinggi, sedang dan kurang yang berasal dari 4 SMA negeri dan 1 SMA swasta. Data penelitian mengenai persepsi diperoleh menggunakan instrumen berupa kuisioner yang terdiri dari 60 item pemyataan dan data hasil belajar diperoleh melalui 24 butir soal yang disusun berdasarkan 4 dimensi pengetahuan dan 6 tingkatan proses kognitif pada taksonomi Bloom revisi. Instrumen penelitian yang digunakan telah memenuhi kelayakan melalui uji validitas dan reliabilitasnya. Pengolahan data dilakukan melalui teknik persentase dan analisis korelasi Moment Product Pearson setelah memenuhi uji persyaratan analisis, normalitas dan linieritasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) kecendrungan persepsi siswa terhadap pembelajaran fisika pada materi hukum newton tentang gerak berada pada kategori sedang dengan persentase nilai sebesar 68.5%, b) hasil belajar siswa pada materi hukum Newton tentang gerak berada pada kategori sedang dengan persentase nilai sebesar 50%, c) hubungan persepsi siswa terhadap pembelajaran fisika pada materi hukum newton tentang gerak dan faktor kesulitan dalam mempelajarinya dengan hasil belajamya berada pada kategori kuat dengan kontribusinya sebesar 61,3%, dan d) terungkap 10 faktor penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari materi hukum Newton tentang gerak menurut persepsi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2021 06:25
Last Modified: 29 Apr 2021 06:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31310

Actions (login required)

View Item View Item