Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Marlina, Marlina (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MARLINA_16031013_2196_2020.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk mampu memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat diukur dan dilatih melalui penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar dapat dilakukan dengan evaluasi pembelajaran. Namun soal-soal evaluasi yang dibuat guru masih banyak yang berada pada tingkat kognitif C1-C3. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi materi sel yang valid secara logis dan empiris, praktis, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda baik, dan kualitas option yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D. Tahap penelitian meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang dosen jurusan Biologi FMIPA UNP, 2 orang guru Biologi SMAN 1 Padang dan 27 orang peserta didik kelas XI SMAN 1 Padang. Instrumen pengumpulan data dengan angket validitas yang diisi oleh 2 orang dosen jurusan Biologi FMIPA UNP dan angket praktikalitas yang diisi oleh 2 orang guru Biologi dan 27 orang peserta didik kelas XI di SMAN 1 Padang. Hasil analisis data, didapatkan nilai validitas logis dengan nilai rata-rata sebesar 89,23% dengan kriteria valid. Nilai praktikalitas oleh guru didapatkan nilai rata-rata sebesar 92,70% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan nilai praktikalitas oleh peserta didik didapatkan rata-rata nilai sebesar 80,06% dengan kriteria praktis. Hasil analisis validitas empiris menunjukkan soal valid dengan reliabilitas soal sangat tinggi yaitu 0,88 dengan kriteria tingkat kesukaran sedang, daya pembeda baik, dan memiliki kualitas option yang baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan telah dikembangkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi materi sel yang valid secara logis dan empiris, praktis, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda baik, dan kualitas option yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:11
Last Modified: 27 Apr 2021 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31264

Actions (login required)

View Item View Item