Efektivitas Penggunaan Modul Termokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMAN 3 Padang

Rahmatania, Finny (2021) Efektivitas Penggunaan Modul Termokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMAN 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_FINNY_RAHMATANIA_16035060_395_2020.pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia di sekolah, khususnya pada materi termokimia peserta didik masih belum mampu menemukan konsep secara mandiri. Selain itu, konsep­ konsep yang didapatkan oleh peserta didik belum terintegrasi eksperimen. Hal ini dikarenakan kegiatan eksperimen dilaksanakan secara kondisional, tergantung pada keadaan laboratorium dan waktu yang cocok dalam pelaksanaan praktikum. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar berupa modul yang menerapkan model inkuiri terbimbing terintegrasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul termokimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment atau Eksperimen Semu . Rancangan penelitian ini adalah Randomized Pretest-posstest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 3 Padang yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive-cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar kimia pada ranah kognitif. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar kelas kontrol sebesar 80,42 dan kelas eksperimen sebesar 84,58. Dari hasil uji statistika, kedua kelas sampel terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji­t dengan taraf nyata 0,05, didapatkan t hitung sebesar 3,32 dan t tabel sebesar 1,66. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Selain itu, untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul termokimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi eksperimen dapat diketahui menggunakan skor N­ Gain. Dari hasil penelitian, didapatkan skor N­Gain kelas eksperimen sebesar 0,79. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul tersebut efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 3 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:53
Last Modified: 26 Apr 2021 00:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31243

Actions (login required)

View Item View Item