Studi Literatur tentang Tingkat Keberhasilan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik SMP/MTs.

Mariah B D, Devni (2020) Studi Literatur tentang Tingkat Keberhasilan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DEVNI_MARIAH_B_D_ 16031048_2832_2020.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Berhasilnya pembelajaran di sekolah sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Satu diantara faktornya adalah proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, upaya dalam mencapai tujuan pendidikan bergantung pada proses pembelajaran yang dirancang dan yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat keberhasilan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap kompetensi belajar peserta didik SMP/MTs meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berupa studi literatur yang mengacu pada suatu hal yang sebelumnya telah dilakukan. Penelitian ini berupa analisis terhadap data-data artikel pada jurnal yang telah terakreditasi minimal SINTA 4 berjumlah 5 artikel dan terkait model pembelajaran GI terhadap kompetensi belajar peserta didik SMP/MTs. Sampel penelitian adalah semua anggota sampel yang diterapkan dengan model pembelajaran GI dalam pembelajaran IPA yang terdapat dalam artikel yang ditetapkan. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data (tidak dilakukan), penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kompetensi belajar peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe GI. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan kompetensi belajar peserta didik SMP/MTs yang meliputi aspek afektif, kognitif, dan psikomotor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:16
Last Modified: 21 Apr 2021 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31171

Actions (login required)

View Item View Item