Studi Literatur Pengaruh Variasi Penggunaan Mind Map pada Model Pembelajaran terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik pada Berbagai Jenjang Pendidikan

Putri, Camellia (2020) Studi Literatur Pengaruh Variasi Penggunaan Mind Map pada Model Pembelajaran terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik pada Berbagai Jenjang Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_CAMELLIA_PUTRI_16031074_2805_2020.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi belajar biologi peserta didik. Salah satunya yaitu variasi penggunaan mind map pada model pembelajaran tertentu dapat meningkatkan kompetensi belajar biologi peserta didik pada aspek kognitif yaitu meningkatkan hasil belajar, pada aspek afektif yaitu meningkatkan motivasi dan rasa ingin tahu peserta didik, dan pada aspek psikomotorik meningkatkan keterampilan proses sains. Tujuan penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh variasi penggunaan mind map pada model pembelajaran terhadap kompetensi belajar biologi peserta didik pada berbagai jenjang pendidikan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan analisis data kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh artikel pada jurnal terindeks minimal SINTA 4 yang memuat variasi penggunaan mind map pada model pembelajaran. Sampel penelitian yaitu 5 artikel dari jurnal terindeks minimal SINTA 4 dengan menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian adalah data kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari studi literatur terhadap 5 artikel pada jurnal terindeks minimal SINTA 4. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kompetensi belajar biologi peserta didik pada aspek kognitif yaitu hasil belajar, pada aspek afektif yaitu motivasi dan rasa ingin tahu, dan pada aspek psikomotorik yaitu keterampilan proses sains dengan variasi penggunaan mind map pada model pembelajaran dari 5 artikel yang terindeks minimal SINTA 4. Maka berdasarkan informasi yang diperoleh dari 5 artikel yang dianalisis dapat disimpulkan bahwa variasi penggunaan mind map pada model pembelajaran berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar biologi peserta didik pada berbagai jenjang pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:22
Last Modified: 20 Apr 2021 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31152

Actions (login required)

View Item View Item